Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tapak berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Polandia HE Jacek Czaputowicz

JAKARTA, PKUB – Pesan-pesan toleransi, kesadaran akan nilai-nilai multikultural dan kerukunan umat beragama harus ditularkan kepada seluruh umat manusia, tidak terbatas hanya kepada warga di suatu negara akan tetapi juga harus disampaikan kepada warga negara di lintas batas negara. Hal ini yang melatarbelakangi Menteri Luar Negeri (Menlu) Polandia, HE Jacek Czaputowicz menginisiasi courtesy call dengan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin hari ini, Selasa (27/11/2018). Dalam pertemuan tersebut Menteri Agama didampingi oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Abdurrahman Mas’ud dan Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Kementerian Agama RI, Saefudin.

Dalam pertemuan tersebut Menlu Polandia menyampaikan bahwa kesempatan ini adalah kali pertama beliau mengunjungi Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa Indonesia sangat dikenal oleh negara-negara Uni Eropa (EU, red) sebagai negara yang sangat menghargai nilai-nilai multikulturalisme dan toleransi.

Tujuan diselenggarakanya courtesy call ini adalah untuk melanjutkan kerjasama bilateral kedua negara dalam bidang dialog lintas budaya dan lintas agama. “It is very important to continue the Polish-Indonesian Intercultural and Interreligious Dialogue, which is an important pillar of our bilateral cooperation”, demikian Menlu Polandia menjelaskan kepada Menteri Agama RI sebagaimana dilansir dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri Polandia.

Sementara itu, sebagaimana dilansir dalam akun twitter resmi Kementerian Agama RI, Menteri Agara sangat menyambut baik kerjasama tersebut dan menyarankan agar kerjasama tersebut lebih spesifik dalam membahas peran penguatan kebudayaan dalam merespon permasalahan global.

sumber: kemenag.go.id